29 September 2008

Pas Foto Untuk Lamaran Pekerjaan

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam mengirim surat lamaran kerja. Selain curriculum vitae (CV) dan surat lamaran itu sendiri, ada satu hal yang tak kalah penting yaitu pas foto. Selama ini mungkin Anda tidak terlalu mempedulikan pas foto yang Anda kirimkan bersama surat lamaran dan CV. Banyak yang berpikir, yang penting menyertakan pas foto karena pas foto sekedar pelengkap surat lamaran.

Padahal tidak sesederhana itu loh. Ada sedikit aturan dalam menyertakan foto bersama surat lamaran. Ingat, foto untuk lamaran kerja jelas harus berbeda dengan foto untuk koleksi pribadi. Foto yang dikirim untuk lamaran kerja sifatnya lebih resmi dibanding foto biasa maupun foto pribadi. Meski demikian foto yang Anda sertakan harus terlihat menarik, sehingga cukup menggugah perhatian pihak penyeleksi. Anda yang ingin membuat foto lamaran kerja coba simak aturan singkatnya berikut ini:

- Usahakan untuk mengirim pas foto terbaru dalam surat lamaran. Jangan sekalipun mengirim foto lama, apalagi pas foto masa SMA atau pas foto yang sudah menguning. Lebih baik anda mengirim foto terbaru, atau paling tidak, paling lama 6 bulan yang lalu.

- Ketika berfoto kenakan busana yang sopan dan rapih, seperti kemeja, jas atau blazer. Pilihlah warna busana yang netral dan tidak mencolok. Hindari busana bermotif atau bercorak ramai. Lebih baik anda gunakan busana polos tanpa motif. Karena busana bercorak lebih pantas digunakan untuk foto-foto pribadi ketimbang foto resmi.

- Bagi wanita berambut panjang, biarkan rambut terurai rapih dan tidak menutupi telinga. Hindari menggunakan asesori rambut yang ramai seperti jepit, pita warna-warni, atau bando besar. Jangan membentuk rambut dengan model yang tidak lazim untuk lamaran, misalnya dikuncir tinggi atau disanggul. Sedangkan untuk pria, jangan biarkan rambut acak-acakan. Sisirlah rambut dengan rapih, jangan menggunakan topi.

- Posisi tubuh harus tegap tetapi tidak berkesan tegang. Posisi tubuh yang membungkuk akan menimbulkan kesan Anda pemalas, tidak bergairah, dan tak bersemangat. Hal ini akan mengurangi point Anda di mata penyeleksi.

- Pandangan sebaiknya lurus ke depan, jangan menatap ke samping kiri atau kanan. Usahakan tatapan mata memancarkan keramahan, tidak terkesan galak tetapi juga jangan terkesan bengong dan redup. Selain itu ekspresi pandangan mata harus /smart/, bersemangat, dan antusias.

- Posisi kepala lurus ke depan, tidak miring ke kiri, ke kanan atau menunduk. Posisi dagu juga sebaiknya sejajar ke depan, tidak turun dan tidak mendongak. Sebaiknya bibir dalam keadaan tersenyum. Jangan cemberut namun juga jangan tersenyum lebar. Pada dasarnya, foto lamaran kerja harus bisa mewakili diri Anda sebagai pribadi yang sopan, ramah dan intelek. Jika Anda memperhatikan tips singkat tadi, percayalah surat lamaran Anda akan lebih menarik lagi. So, kirimkan pas foto Anda yang paling oke!

No comments: